Pratiwi Dwi Susanti Her is my inspiration

About me

Foto Saya
simple, baik, sopan, enak bercanda, suka tantangan/petualang, yg paling penting jujur.

Blog

27 Okt 2011

RPP SMA IPS Kelas 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



  Sekolah                       : SMA Muhammadiyah Purworejo
  Mata Pelajaran          : Matematika
  Kelas/Semester          : XI IPS 1/Gasal
  Tahun Pelajaran       : 2011/2012
Alokasi Waktu           : 2 x 45 Menit
Pertemuan                 : 6 X pertemuan


A.      Standar Kompetensi      1.1 Menggunakan aturan statistika, kaidah
                                                 pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam
                                                 pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar           : 1.3  Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan
                                                   ukuran penyebaran data serta penafsirannya.


Indikator :
Koqnitif
1.        Menghitung rataan data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.
2.        Menghitung rataan gabungan data tunggal
3.        Menentukan median data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
4.        Menentukan modus data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
5.        Menghitung kuartil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
6.        Menghitung desil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
7.        Menghitung persentil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
8.        Menghitung rentang atau jangkauan atau range data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
9.        Menghitung jangkauan antarkuartil dan semiantarkuartil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
10.    Menghitung simpangan rata-rata data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
11.    Menghitung simpangan ragam dan simpangan baku data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel


Afektif
1)       Bersikap sopan santun
2)       Bersikap jujur
3)       Berdisiplin
4)       Bertanggung jawab
5)      Menghargai orang lain

C.    Tujuan Pembelajaran     :
Koqnitif
      Setelah kegiatan belajar mengajar diharapkan:
1.      Siswa dapat menghitung rataan data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.
2.      Siswa dapat menghitung rataan gabungan data tunggal
3.      Siswa dapat menentukan median data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
4.      Siswa dapat menentukan modus data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
5.      Siswa dapat menghitung kuartil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
6.      Siswa dapat menghitung desil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
7.      Siswa dapat menghitung persentil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
8.      Siswa dapat menghitung rentang atau jangkauan atau range data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
9.      Siswa dapat menghitung jangkauan antarkuartil dan semiantarkuartil data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
10.  Siswa dapat menghitung simpangan rata-rata data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel
11.  Siswa dapat menghitung simpangan baku dan ragam data tunggal dan data kelompok yang disajikan dalam bentuk tabel

      
       Afektif
       Setelah kegiatan belajar mengajar diharap siswa terbiasa:
1.    Bersikap sopan santun
2.    Bersikap jujur
3.    Berdisiplin
4.    Bertanggung jawab
5.    Menghargai orang lain

E.                        Materi Ajar  Rataan, median, modu,
Ukuran pemusatan
1.      Rata-rat
2.      Median
3.      Modus
Ukuran letak
1.      Kuartil
2.      Desil
3.      Persentil
Ukuran penyebrangan
1.    Simpangan kuartil
2.    Simangan rata-rata
3.    Simpangan baku


F.                        Metode dan model Pembelajaran     :
Ø  Metode pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penemuan
Ø  Model pendekatan konstektual ( CTL )
































G.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuaan Pertama
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu



1
Pendahuluan :
Apersepsi
v  Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
v  Guru mengecek daftar presensi siswa
v  Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
v  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Orientasi
v  Mengarah kan siswa agar menguasai cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran. Dari sajian data baik dalam bentuk tabel maupun diagram
Motivasi
v  Memberikan dorongan kepada siswa berupa motifasi untuk memacu siswa agar mampau mepelajari matematika untuk memecahkan masalah dalam matematika, pelajaran lain maupun masalah dalam kehidupan sehari hari



10 menit




2
Kegiatan inti :
            Eksplorasi

Dengan tanya jawab
v   Guru mengingatkan tentang rata-rata data (waktu di SMP)
v   Guru menyajikan beberapa data tunggal dan data tunggal berbobot kepada siswa
v   Guru meminta siswa untuk mengamati data-data tersebut
v   Guru memberikan gambaran sekilas mengenai rataan sementara data tunggal dan data tunggal berbobot.

               Elaborasi

Dengan model pembelajaran CTL
v   Guru memberikan sebuah data tunggal
v   Guru meminta siswa mendiskusikan dengan teman sebangkunya cara untuk menentukan nilai rataan suatu data tunggal
v   Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
v   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan hasil diskusinya.
v   Guru menampung semua jawaban siswa dan membahasnya bersama
v   Guru memberikan sebuah contoh data tunggal berbobot dan menjelaskannya cara untuk menentukan rataannya
v   Guru memberikan sebuah data tunggal berbobot dan meminta siswa untuk menentukan nilai rataannya
v   Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakannya di depan.
v   Guru menyajikan data kelompok dan guru membimbing siswa untuk menentukan rumus rataannya
               Konfirmasi
v   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bersama hasil belajar sebelumnya
v   Guru bersama-sama siswa menyimulkan mengenai pelajaran yang telah diajarkan.
              


60 menit



3
Penutup :
v   Siswa membuat rangkuman mengenai kesimpulan dari hasil belajar sebelumnya.
v   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah dan membatasi waktu pengumpulannya.
v   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
v   Menutup pelajaran dengan salam



20 menit



Pertemuan kedua
No

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu

1
Pendahuluan:
Apersepsi
v  Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
v  Guru mengecek daftar presensi siswa
v  Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
v  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dica
Orientasi
v  Mengarah kan siswa agar menguasai cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran. Dari sajian data baik dalam bentuk tabel maupun diagram
Motivasi
v  Memberikan dorongan kepada siswa berupa motifasi untuk memacu siswa agar mampau mepelajari matematika


10 menit

2
Kegiatan inti :
Eksplorasi
v   Guru menyajikan beberapa data tunggal dan data tunggal berbobot kepada siswa
v   Guru meminta siswa untuk mengamati data-data tersebut
v   Guru memberikan gambaran sekilas mengenai rataan sementara data tunggal dan data tunggal berbobot.
                    

               Elaborasi
v   Guru memberikan data tunggal
v   Guru meminta siswa mendiskusikan dengan teman sebangkunya cara untuk menentukan nilai rataan sementara suatu data tunggal
v   Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
v   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan hasil diskusinya.
v   Guru menampung semua jawaban siswa dan membahasnya bersama
v   Guru memberikan sebuah contoh data tunggal berbobot dan menjelaskannya cara untuk menentukan rataan sementara data tunggal berbobot
v   Guru memberikan sebuah data tunggal berbobot dan meminta siswa untuk menentukan nilai rataannya
v   Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakannya di depan.
v   Guru membahas bersama jawaban yang telah dikerjakan oleh siswa

               Konfirmasi
v   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bersama hasil belajarnya.
v   Guru memberikan penguatan materi kepada siswa mengenai pelajaran yang telah diajarkan.



60 menit

3

Penutup :
v   Guru memberikan rangkuman mengenai kesimpulan dari hasil belajar sebelumnya.
v   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah dan membatasi waktu pengumpulannya.
v   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.



20 menit







Pertemuan ketiga

No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu


1
Pendahuluan:
Apersepsi
v  Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
v  Guru mengecek daftar presensi siswa
v  Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
v  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

Orientasi
v  Mengarah kan siswa agar menguasai cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran. Dari sajian data baik dalam bentuk tabel maupun diagra
       Motivasi
v  Memberikan dorongan kepada siswa berupa motifasi untuk memacu siswa agar mampau mepelajari matematika


10 menit


2

Kegiatan inti :
Eksplorasi
v   Guru menyajikan beberapa data kelompok kepada siswa
v   Guru meminta siswa untuk mengamati data-data tersebut
v   Guru memberikan gambaran sekilas mengenai rataan sementara data kelompok
               Elaborasi
v   Guru memberikan data kelompok
v   Guru meminta siswa mendiskusikan dengan teman sebangkunya cara untuk menentukan  nilai rataan sementara data kelompok
v   Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
v   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan hasil diskusinya.
v   Guru menampung semua jawaban siswa dan membahasnya bersama
v   Guru memberikan soal
v   Guru membimbing siswa saat mengerjakan soal-soal tersebut.
v   Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju mengerjakan soal tersebut
v   Siswa diajak membahasnya bersama-sama
                    
               Konfirmasi
v   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bersama hasil belajarnya.
v   Guru memberikan penguatan materi kepada siswa mengenai pelajaran yang telah diajarkan.
                      
                                                                  




60 menit

3
Penutup :
v   Guru memberikan rangkuman mengenai kesimpulan dari hasil belajar sebelumnya.
v   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah dan membatasi waktu pengumpulannya.
v   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.


20 menit







Pertemuan ke empat

No

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu


1


Pendahuluan:
Apersepsi
v  Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
v  Guru mengecek daftar presensi siswa
v  Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
v  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Orientasi
v  Mengarah kan siswa agar menguasai cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran. Dari sajian data baik dalam bentuk tabel maupun diagram
  Motivasi
v  Memberikan dorongan kepada siswa berupa motifasi untuk memacu siswa agar mampau mepelajari matematika






10 menit



2


Kegiatan inti :
Eksplorasi
v   Guru menyajikan beberapa data tunggal dan data kelompok kepada siswa
v   Guru meminta siswa untuk mengamati data-data tersebut
v   Guru memberikan gambaran sekilas mengenai median data tunggal dan data kelompok
               Elaborasi
v   Guru memberikan sebuah data tunggal
v   Guru meminta siswa mendiskusikan dengan teman sebangkunya cara untuk menentukan median suatu data tunggal
v   Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
v   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan hasil diskusinya.
v   Guru menampung semua jawaban siswa dan membahasnya bersama
v   Guru memberikan sebuah data kelompok dan meminta siswa menentukan mediannya
v   Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakannya di depan.
v   Guru membahas jawaban siswa bersama-sama
            Konfirmasi
v   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bersama hasil belajarnya.
v   Guru memberikan penguatan materi kepada siswa mengenai pelajaran yang telah diajarkan.
                      



60 menit


3
Penutup :
v   Guru memberikan rangkuman mengenai kesimpulan dari hasil belajar sebelumnya.
v   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah dan membatasi waktu pengumpulannya.
v   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.


20 menit





Pertemuan ke lima
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu


1
Pendahuluan:
Apersepsi
v  Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
v  Guru mengecek daftar presensi siswa
v  Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
v  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Orientasi
v  Mengarah kan siswa agar menguasai cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran. Dari sajian data baik dalam bentuk tabel maupun diagram
   Motivasi
v   Memberikan dorongan kepada siswa berupa motifasi untuk memacu siswa agar mampau mepelajari matematika





10 menit



2
Kegiatan inti :
Eksplorasi
v   Guru menyajikan beberapa data tunggal dan data kelompok kepada siswa
v   Guru meminta siswa untuk mengamati data-data tersebut
v   Guru memberikan gambaran sekilas mengenai median data tunggal dan data kelompok
               Elaborasi
v   Guru memberikan sebuah data tunggal
v   Guru meminta siswa mendiskusikan dengan teman sebangkunya cara untuk menentukan modus suatu data tunggal
v   Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
v   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan hasil diskusinya.
v   Guru menampung semua jawaban siswa dan membahasnya bersama
v   Guru memberikan sebuah data kelompok dan meminta siswa menentukan modusnya
v   Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakannya di depan.
v   Guru membahas jawaban siswa bersama-sama
                     Konfirmasi
v   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bersama hasil belajarnya.
v   Guru memberikan penguatan materi kepada siswa mengenai pelajaran yang telah diajarkan.






60 menit


3
Penutup :
v   Guru memberikan rangkuman mengenai kesimpulan dari hasil belajar sebelumnya.
v   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah (PR) dan membatasi waktu pengumpulannya.
v   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.


20 menit


Pertemuan ke enam
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu


1
v  Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
v  Guru mengecek daftar presensi siswa

v  Guru mengadakan Ulahan harian








2
Penilaian
      Tehnik                       : Tugas Individu
      Bentuk Instrumen     : Uraian
      Kriteria Penilaian                                                         Skor
            Setiap jawaban lengkap dan benar                          50
            Setiap jawaban salah namun langkah benar            20
            Setiap jawaban salah dan langkahnya salah              0









3
      Contoh Instrumen

1.      Nilai ulangan Ravi berturut-turut adalah 6,8,9,7,10
Tentukan rata-rata ulangan Rafi...!

2.      Tentukan modus dari :
A.     2,3,4,4,4,56
B.     1,2,4,5,7
C.      
3.      Tentukan median dari :
A.    3,1,6,2,1,3,4,5,3
B.     1,5,4,2,5,3,2,4,3
4.      Tentukan Simpangan baku dari data :
a.       3, 4, 5, 5, 6, 7
b.      3,2,5,4,3,2,2
5.       
Nilai
         
34-39
40-45
46-51
52-57
58-63
64-69
5
8
14
11
6
6
            Tentukan nilai median dan modus data diatas !
a)      Tentukan mean (rataan) dari data pada tabel no. 1 diatas!
b)      Hasil pengukuran tinggi badan siswa kelas XI B adalah sebagai berikut:
Nilai
50-55
56-61
62-67
68-73
74-79
80-85
6
9
15
12
7
1
            Tentukan nilai !
6.      Hasil ulangan Matematika kelas XI A sebagai berikut:
3, 4, 6, 6, 4, 1
            Tentukan simpangan rata-ratanya!
7.      Tentukan ragam dan simpangan baku dari populasi data:   2, 4, 8, 6, 4, 5

8.       Dari jumlah siswa di suatu SMA diperoleh data minat siswa terhadap beberapa kegiatan ekstrakurikuler.
Jika jumlah siswa yang didata adalah sebanyak 840 siswa. Maka Tentukan :
 a. Jumlah siswa berminat pada kegiatan KIR dan Seni Tari
b. Kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak diminati   siswa adalah …… sejumlah …. siswa







A.       Sumber Belajar
Ø  Sumber Belajar Guru (Pendidik)
ü  Buku paket matematika 1 kelas XI Program IPS sesuai standar isi 2006 Johanes S.Pd., M.Ed. Yudhistira
ü  Lembar Kerja Siswa (LKS )
ü  Buku paket matematika SMA dan MA kelas XI IPS sesuai KTSP standar isi 2006 Sulistiyono Esis
Ø  Sumber Belajar Siswa
ü  Lembar Kerja Siswa (LKS)
ü  Buku paket matematika 1 kelas XI Program IPS

B.        Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø  Alat dan bahan pembelajaran guru
ü  Penggunaan media pembelajaran “ LKS “
ü  Buku panduan( paket)
ü  Penggunaan media alat peraga rumus
Ø  Alat dan bahan pembelajaran siswa
ü  Penggunaan data/ rumus


C.       Penilaian
1)         Teknik penilaian
ü  Tugas individu ( Pekerjaan rumah )

0 komentar:

Poskan Komentar



Love Matematic Edited by Maman Suryaman © 2011